Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Friday, March 30, 2012

Tampilan Layar di windows xp terbalik

Pada suatu hari, tiba-tiba tampilan layar monitor  dari komputer saya terbalik 180 derajat….. kejadian itu bener-bener bikin saya bingung. karena sehari sebelumnya komputer itu masih normal dan belum di apa-apain… Sebagai seorang yang sedikit mengetahui cara kerja monitor dan televisi saya langsung berkesimpulan kalau monitor itu rusak, dan saya yakin betul kalau masalahnya terletak pada bagian defleksi yoke yang ada pada belakang tabung, Mungkin kabel dari bagian vertikal yang terhubung ke defleksi yoke itu terbalik ato malah bisa saja bagian defleksi yoke nya itu longgar sehingga gambar terputar 180 derajat. pokoknya masalahnya ga jauh dari bagian vertikal, itu menurut pikiran saya saat itu.
Untuk menguatkan dugaan itu lalu saya ambil monitor lain yang masih normal untuk saya coba pasang di komputer yang bermasalah itu.
Ternyata setelah saya coba ganti monitor ternyata tidak menyelesaikan masalah karena gambar di layar tetap saja terbalik walaupun sudah saya ganti monitor.
Kemudian setelah saya perhatikan lebih jauh komputer itu, disaat booting pada tampilan windows XP tampak normal tapi setelah masuk ke windows tampilan desktop pun jadi terbalik lagi seperti semula..
Disinilah masalahnya… Ternyata kesalahan bukan pada monitor, tetapi pada CPU.
Lalu saya pun terpikir menjadikan virus sebagai tersangka… apakah ini ulah virus??? setelah saya scan komputer tsb dengan berbagai program anti virus, hasilnya nihil…. alias tidak satupun virus yang berhasil ditemukan.
Lalu tanpa ragu sangkaan saya pun langsung saya arahkan ke VGA card, mungkin saja driver nya error atau memang ada settingan yang berubah. Lalu saya pun teringat dengan VGA Card GeForce yang didalamnya memang terdapat fitur untuk memutar gambar dengan mengklik NVrotate.
Tapi masalahnya komputer yang bermasalah tsb saat ini tidak memakai VGA Card GeForce tapi hanya memakai VGA Onboard dari mainboard. otomatis setelah saya cari-cari NVrotate tersebut pun tidak berhasil saya temukan. lalu saya pun coba instal driver VGA onboard dan lakukan setting tapi tidak ada hasilnya sama sekali.
Setelah berputus asa karena belum menemukan jalan keluar akhirnya saya pun memutuskan untuk tidur.
Dipagi hari yang cerah tiba-tiba saya dapat ide….
Saya teringat seorang teman yang pernah mengalami kejadian serupa yaitu tampilan monitor yang terbalik. dan saat itu pun saya langsung ingat apa yang dia lakukan untuk menormalkan tampilan di layar monitor yang terbalk tersebut…
Gila!!!!!
Dengan menekan tombol ctrl + alt+panah atas
Jreeeng!!!!!!!!!!!! tampilan dimonitor kembali normal…………
“Maha besar allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa”
“Allah bisa membuat sesuatu yang mudah menjadi susah dan sesuatu yang susah menjadi mudah”

0 komentar

Post a Comment

Silahkan isi komentar disini