Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Monday, April 1, 2013

Blokir Dan NonBlokir Situs Secara Otomatis Pada Mikrotik


 
Seblumnya saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda karena sudah memberikan waktu untuk mampir dan membaca wordpress ini ,,, hihihihi :)
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara kita blokir/ngeblok suatu situs pada jam tertentu dan otomatis akan terbuka/dapat di akses lagi … Mungkin ini sangat berguna bagi anda/administrator jaringan internet pada kantor , sekolah dan dmna saja … agar pada saat jam kerja atau jam sekolah situs* apa saja yang ingin anda blok akan secara otomatis terblokir DAN situs – situs yang anda blokir tadi akan secara otomatis dapat di akses kembali pada jam istirahat atau sudah tidak kerja or sekolah … Hal ini dapat membuat para pegawai atau siswa anda dapat fokus untuk belajar dan bekerja … :)
Sedikit pengelaman tentang saya … perkenalkan nama saya ahmad, saya adalah salah satu murid yang di beri tanggung jawab pada guru saya Tamam untuk menjadi administraor ke dua pada jaringan internet disekolah kami  ..
Suatu saat pada jam sekolah/belajar ter kadang ada siswa siswi yang tidak belajar melainkan bermain internet gratis yang tersedia disekolah kami .. mungkin hal itu sangat menggangu bagi siswa siswi  untuk fokus pada pembalajaran .. mungkin baik jika mereka bermain internet hanya untuk mencari Ilmu atau pelajaran tentang sekolah tapi bagaimana jika pada saat jam belajar mereka hanya bermain Facebook , Twiter , Friendster atau yang lainnya ,,, sudah tentu itu sangat menggangu belajar mengajar yang terjadi disekolah kami …
Mungkin solusi terbaiknya adalah kita memblokir situs –situs seperti yang di atas yang sering di akses para siswa siswi pada saat jam belajar dan membukanya lagi pada jam istirahat atau sudah pulang sekolah … Mungkin Ini sedikit repot atau kewalahan bagi kita administrator jika ingin melakukan semua itu secara manual … hehehehe
Mungkin tutorial inilah solusi bagi anda para administrator jaringan yang mengalami hal sama persis dengan saya ,,, xixixixi
Semenjak guru saya Tamam Menyuruh saya untuk mengatasi hal di atas ,, mungkin saya sedikit pusing dan tidak tahu bagaimana cara melakukan semua itu … Sedikit percakapan antar saya dan guru saya agar anda dapat termotivasi seperti apa yang saya lakukan …
Tamam : Mad coba kamu cari cara blokir suatu situs pada saat jam tertentu secara otomatis
saya       : dalam wajah gelisah atau bingung aku jawab saja .. IYA pak …
Tamam : aku punya scrip atau caranya ada cih tapi coba kamu cari sendiri ya …
saya       : siap pak … ( dalam hati berkata … wah pak guru pelit udah enggak mw lagi bagi ilmunya … hehehe … just qidding .. )
tapi hal diatas membuat saya jadi termotivasi dan langsung mencari dan berpikir bagaimana cara mengatasi masalah diatas ,,, setelah mengoprek dan melihat isi paket pada mikrotik kami tanpa bantuan internet atau mbah google atau apa saja akhirnya saya dapat menemukan dan mengatasi masalah diatas … senangnya hatiku ,,,, hehehehe
okeee kita langsung aja pada pembahasan intinya yaitu bagaimana cara melakukan semua itu … :
1. IP FIREWALL FILTER
 
Pada IP FIREWALL FILTER pilih add atau gambar ( +) warna merah …
 
Contoh situs yang ingin saya blok adalah FACEBOOK
Pada taksbar Advanced => content : tambahkan ( .facebook ) tanpa tanda kurung.
 Pada Taksbar Action => Action pilih reject => reject with icmp network unreachable
Jangan lupa kasih comment :::FACEBOOK agar anda tw file FB yang diblokir tadi yang mna dan berada pada baris ke berapa pada mikrotik
Setelah itu apply dan OK …
2. SNTP Client
 Pada system SNTP Client Centangin Enable pilih mode unicast dan isi primary NTP server dan secondary NTP server anda contoh umum yang saya gunakan 202.134.1.10 dan 202.134.0.155 seperti contoh diatas dan ini juga dapat anda gunakan .
Setelah itu apply lalu ok
3. Settingan di atas akan berpengaruh pada System Clock :
 pada system clock ganti waktu, tanggal dan time zone anda sekarang ,, ini sangat berpangaruh pada waktu yang nanti anda tentukan untuk membersihkan otomatis countersnya ,,,
Setelah itu apply lalu ok
 4. SCRIPT
  Pada system script tambah 2 script pilih add ( + )
A. Name : FBenable è policy : reboot, write, read, policy, test dan password è source : /ip firewall filter enable numbers=24 èè isi numbersnya sesuai nomor keberapa atau baris keberapa FB/situs yang anda blokir tadi pada IP FIREWALL FILTERnya …
B. Name : FBdisable è policy : reboot, write, read, policy, test dan password è source : /ip firewall filter disable numbers=24 èè isi numbersnya sesuai nomor keberapa atau baris keberapa FB/situs yang anda blokir tadi pada IP FIREWALL FILTERnya …
Setelah itu apply dan ok ..
 5. SCHEDULER
 Pada system scheduler  tambah 2 script pilih add ( + )
A. Name : FB enable è policy : reboot, write, read, policy, test dan password, sniff, sensitive è On Event : Fbenable è star date : isi tanggal sekarang è Start Time : 06.00.00 è interval : 07.00.00 (catatan : interval itu berapa lama anda ingin itu terjdai )
B. Name : FB disable è policy : reboot, write, read, policy, test dan password, sniff, sensitive è ON Event : Fbdisable è star date : isi tanggal sekarang è Start Time : 13.00.00 è interval : 17.00.00 (catatan : interval itu berapa lama anda ingin itu terjdai )
***SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA***

0 komentar

Post a Comment

Silahkan isi komentar disini